Saturday, May 30, 2015

Tahukah Anda Berapa Kebutuhan Kalsium Selama Hamil?

Di masa kehamilan, kebutuhan akan nutrisi memang lebih banyak dan perlu diperhatikan secara khusus. Salah satu kebutuhan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil adalah kalsium. Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih banyak dari mineral lain.

Mengapa kalsium harus dicukupi selama kehamilan? Ternyata, fungsi kalsium sangat penting dan berperan utama dalam pertumbuhan janin, khususnya pembentukan tulang dan gigi. Kalau kekurangan kalsium, ketika hamil maka pertumbuhan tulang dan gigi bayi akan terhambat. Nggak hanya itu saja, ibu hamil juga berisiko mengalami osteoporosis lebih dini.

Menurut dr. Febriansyah Darus, Sp.OG. dari RS Gandaria, sekitar 99% kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang. Ketika kalsium yang diasup setiap hari kurang dari kebutuhan maka kalsium dari tulang akan dilepaskan sesuai dengan kebutuhan kalsium hari itu. Tapi, kalau konsumsi kalsium cukup setiap harinya maka tulang akan tumbuh dan menjadi kuat.

Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Per Hari

Seperti dikutip dari Family Fimela, setiap hari kita membutuhkan kalsium lebih dari 400 mg per hari. Namun, ketika hamil maka kebutuhan kalsium untuk gizi ibu hamil menjadi 1.200 mg kalsium per hari. Cukup signifikan bukan perbedaan angka kebutuhan kalsium saat tidak hamil dan ketika hamil.

Karena itu kalsium bagi ibu hamil penting untuk mencegah terjadinya pre-eclampsia. Selain itu, kalsium dapat melindungi bayi dalam kandungan dan akan menghindari dari risiko anak mengalami hipertensi. Nah, karena kalsium sangat penting bagi ibu hamil maka perlu diperhatikan asupan makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Susu, yoghurt, keju, ikan salmon, susu kedelai merupakan sumber kalsium yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Bahkan, bila diperlukan, ibu hamil dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Sebaiknya, jika ibu ingin mengonsumsi suplemen kalsium selama kehamilan, berkonsultasi dahulu ke dokter spesialis kandungan ya. Agar kamu mendapatkan suplemen kalsium yang aman untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan per hari.