Sunday, April 15, 2012

Ketika Anak Mogok Bicara

Dalam sebuah keluarga, tidak hanya suami-istri yang bisa tidak sepakat. Orangtua dan anak pun juga bisa bersitegang akibat perbedaan pendapat. Atau, kasus yang sering terjadi adalah orangtua menegur anaknya, namun si anak tidak bisa menerima. Sebagai buah dari kejengkelannya, mereka akan melakukan berbagai tindakan sebagai wujud protes. Bisa dengan cara mengamuk langsung, atau masuk kamar sambil membanting pintu, kemudian mogok bicara selama berhari-hari.


Menurut Kimberly Eckert, seorang psikolog, tindakan mogok bicara ini bisa dilakukan oleh anak pada usia berapa pun. "Ada dua alasan yang mendasari aksi ini. Pertama, ia menyatakan bahwa dirinya marah terhadap Anda. Kedua, dia merasa malu akan tindakannya dan tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya," papar Eckert. Yang jelas, anak-anak tidak tahu bagaimana cara mengatasi luapan emosi ini. "Para orangtua dapat keliru mengartikan mogok bicara sebagai pertanda bahwa anak sengaja berulah atau tidak menyesal akan tindakannya," tambah Eckert lagi.

Untuk mengatasi aksinya ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberikan dukungan bagi mereka. Jika ini dilakukan oleh anak-anak usia balita atau pra sekolah, Eckert menyarankan agar Anda membantu mengungkapkan perasaan mereka. Misalnya dengan berkata bahwa Anda paham bahwa dia marah karena Anda melarangnya bermain. Lalu, tawarkan pilihan: Anda dan dia akan berdamai saat itu juga, atau dia bisa tetap diam di kamarnya dan bicara pada Anda saat dia sudah ingin bicara.

"Anak pada usia ini akan menganggap bahwa Anda ada untuk menolong mereka dan memberikan solusi," kata Eckert.

Sementara pada anak-anak yang lebih besar, bisa jadi sebenarnya mereka paham apa yang mereka rasakan, namun tidak tahu bagaimana mengatasinya. "Tawarkan mereka untuk menenangkan diri melalui aksi diamnya, sambil mengatakan bahwa Anda akan siap menerimanya ketika mereka telah mau bicara," saran Eckert.

Yang jelas, buatlah mereka paham bahwa Anda tahu apa yang membuatnya kesal.

Sumber : kompas